Kamis, 01 Januari 2015

Tulisan 4, Softskill Pengantar Bisnis



MAIMUNAH

26214334

1EB31

Bisnis Online Shop

PENDAHULUAN

Latar Belakang

          Di zaman modern sekarang ini, Sudah banyak perkembangan teknologi yang bisa kita lihat disekitar kita. Salah satunya ialah penggunaan smartphone yang makin diminati dan semakin meningkat setiap tahunya.. Adanya fitur-fitur sosial media yang mudah diakses dan ditawarkan dalam sistem komunikasi smartphone ini tentunya semakin mempermudah kita dalam berkomunikasi dan tetap terhubung dengan teman, sahabat, bahkan kerabat yang jarang kita jumpai dalam keseharian karena padatnya rutinitas yang kita jalani sehari-hari. Dengan tersedianya fasilitas-fasilitas sosial media yang semakin memudahkan kita tidak hanya dalam berkomunikasi tetapi juga dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.  Hal ini jelas menarik keinginan para produsen atau afiliate (perorangan yang menjualkan produk orang lain) untuk mencari celah atau peluang usaha dengan mengambil keuntungan yang didapat dari banyak pengguna smartphone saat ini.  Dengan hanya bermodalkan smartphone yang kita gunakan dalam keseharian ditunjang pula dengan fasilitas internet yang semakin luas, kita dapat mencoba suatu bentuk usaha yang dapat ditawarkan kepada konsumen termasuk dalam interaksi jual belinya. Saat ini ada satu tren yang sedang mengemuka di dunia, bahkan di Indonesia, yakni belanja online, atau sering disebut online shop. Berbagai macam barang bisa kita dapatkan secara online. Dari baju, sepatu, tas, aksesorisnya, kosmetik, bisa kita beli secara online melalui internet, hanya dengan melakukan sekali ‘klik’ saja. Online Shop terhitung mudah di jalankan, dan murah, karena tidak membutuhkan modal yang besar. Hanya dengan foto produk serta akses internet untuk menjalankannya, bisnis online shop ini sudah dapat berjalan. Tujuan dari pembuatan usaha online shop ini ialah lebih kepada meningkatkan kesejahteran atau perekonomian perorangan yang bersifat pribadi.

ISI

          Bisnis Online Shop adalah bisnis jual beli antara penjual dan pembeli di mana mereka dalam bertransaksi tidak bertemu langsung secara fisik. Barang atau jasa yang ditawarkan pun cukup di display berupa gambar dan keterangan dalam website si penjual. Pembeli yang hendak membeli cukup dengan melihat produk yang ditawarkan secara online dalam website si penjual. Setelah memilih produk yang diinginkan, pembeli biasanya membayar terlebih dahulu dengan cara transfer ke rekening penjual. Setelah pembayaran diterima oleh si penjual, barang pesanan baru kemudian dikirim ke alamat pembeli. Di sini di tuntut adanya kepercayaan antara si penjual dan pembeli. Bisnis Online Shop merupakan salah satu cara bisnis online yang mulai banyak digemari masyarakat. Proses belanja di online shop cukup mudah, kita dapat berbelanja tanpa perlu meninggalkan rumah, sehingga bisnis ini dapat berkembang dengan pesat, karena orang terkadang malas untuk keluar rumah ketika ingin berbelanja atau pun cuci mata untuk melihat produk yang keren-keren.
Dengan semakin meningkatnya pengguna internet di tengah masyarakat, membuat orang yang berbelanja secara online pun semakin meningkat. Hal itu yang menjadi salah satu penyebab orang tertarik untuk terjun di bisnis online shop yang ternyata mempunyai beberapa kelebihan dibandingkan dengan mendirikan toko konvensional / toko offline. Jika kita browsing di internet, maka akan banyak sekali kita temukan berbagai macam online shop yang menjual beraneka macam barang dan jasa. Contoh barang yang dijual online di antaranya : baju, accessories, makanan, pernak-pernik lucu, sepatu, kosmetik, meubel dan masih banyak lagi. Sedangkan contoh jasa yang bisa dijual online, di antaranya : desain grafis, membuat website, menulis artikel, translater dan masih banyak lagi.
Salah satu cara agar online shop yang kita jadikan bisnis bisa sukses sebaiknya dibuat berbeda dengan bisnis online shop yang lain, seperti membuat online shop yang unik. Online shop yang unik biasanya menawarkan produk yang khusus, spesifik, dan tidak mudah untuk ditemukan di pasaran. Mayoritas pemilik online shop unik berhasil meningkatkan penjualannya dalam waktu yang relatif singkat. Mengapa demikian? Karena peminat dari produk yang unik memiliki potensi yang sangat besar untuk menjadi pelanggan tetap dari online shop tersebut. Promosinya akan berjalan dari mulut ke mulut dan akan terus menyebar jika memang pemilik online shop berhasil melayani customernya dengan baik.
Online shop yang unik biasanya terjadi karena beberapa faktor di bawah ini :
  • Pemiliknya memiliki jiwa seni dan daya kreatifitas yang tinggi.
  • Pemilik website menyukai barang yang dijualnya di website.
  • Banyak yang berawal dari sebuah hobi.
  • Pemilik sangat mengerti barang dan sangat paham perbedaan barang tersebut dengan barang sejenis yang ada di pasaran.
  • Berawal dari pengalaman dan jam terbang yang cukup lama, bukan tidak mungkin pemilik ikut terlibat di dalam proses produksi produk tersebut.
  • Karena berangkat dari hal yang disukai (hobi) maka mereka bisa dengan mudah menemukan dimana dan bagaimana cara mendapatkan sumber produk yang sesuai dengan selera mereka.
Kelebihan Bisnis Online Shop :
1.    Dapat dikerjakan dimana saja , asalkan terkoneksi dengan internet.
Menjalankan Bisnis Online shop tidak perlu terus ditunggui, seperti yang dilakukan bila menjalankan bisnis toko offline. Pemilik Online Shop dapat mempromosikan produk dan melayani calon pembeli di manapun berada, baik itu saat di rumah maupun ketika sedang bepergian. Bisa dikatakan Bisnis Online Shop tidak terbatas ruang dan waktu. Asalkan ada koneksi internet, Pemilik Online Shop dapat mengerjakannya kapan saja.
2.    Tidak perlu modal usaha yang terlalu besar
Modal yang dikeluarkan untuk memulai bisnis online shop tidak begitu besar dibandingkan dengan membuka bisnis toko offline yang tentunya akan membutuhkan biaya operasional yang cukup besar, seperti biaya untuk sewa tempat yang tentunya akan lebih mahal bila dibandingkan dengan biaya untuk sewa hosting dan beli domain untuk membuat website. Selain itu Bisnis online shop juga tidak memerlukan gudang atau tempat yang luas untuk tempat stok barang.
3.    Dapat menjangkau pasar yang lebih luas sampai ke luar daerah dan bahkan sampai ke luar negeri
Bisnis Online Shop tidak terbatas ruang, asalkan promosi yang dilakukan sangat baik disertai dengan SEO yang bagus, maka akan banyak pengunjung / calon pembeli yang berdatangan ke Online Shop / Website Anda. Bahkan pengunjung / calon pembeli tersebut bisa berdatangan dari berbagai daerah sampai ke manca Negara.
4.    Tidak perlu mempunyai stok barang yang terlalu banyak
Bisnis toko konvensional / offline memang sebaiknya mendisplay barang dagangannya supaya dapat dilihat oleh calon pembeli, sehingga mau tidak mau pemilik toko offline harus mempunyai stok barang yang cukup. Tidak begitu halnya dengan bisnis online shop, dalam menjalankan bisnis online shop penjual hanya perlu mendisplay barangnya berupa foto produk disertai dengan keterangan produk di website mereka dan penjual bisa meng-order barangnya kepada supplier hanya pada saat ada pembeli yang hendak membeli produk tersebut. Hal ini dapat menghindarkan Pemilik Online Shop mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk membeli stok barang.
5.    Skill yang diperlukan sepenuhnya bisa dipelajari tidak masalah apapun latar belakang anda.
Apakah anda seorang mahasiswa atau ibu rumah tangga, atau seorang pensiunan, atau staff perusahaan, atau seorang dokter, manager, dosen, siapapun dengan latar belakang apapun bisa menjalankan bisnis online asalkan mau mempelajari skill atau keterampilan yang diperlukan. Tentu saja anda perlu mempunyai mindset yang benar sebelum memulai usaha di internet. Karena kalau tidak anda akan terjebak dengan berbagai scam bisnis atau penipuan yang juga banyak di internet.
6.    Potensi penghasilan sangat besar, anda bisa dibayar dalam dollar.
Internet adalah global, demikian juga pembeli atau customer anda meliputi seluruh dunia. Apalagi kalau website anda menggunakan atau menjual produk berbahasa Inggris. Atau bahasa yang lain, misalnya mandarin, maka pasar anda sangat besar, bahasa Jerman dlsbnya.
7.    Bisa dijalankan secara otomatis.
Sekali anda sudah menguasai apa yang harus dilakukan setiap hari, anda bisa membuat sebuah sistem sehingga anda tidak perlu melakukan hal yang sama yang setiap hari anda harus lakukan. Kehebatan internet adalah anda bisa lakukan hampir semua pekerjaan anda secara otomatis. Ada banyak software yang bisa membantu mengotomatiskan berbagai tugas rutin di Internet.
Kekurangan dari online shop 
-Biaya pengiriman antar pulau yang mahal dan berubah-ubah.
-Butuh waktu agar barang sampai ditempat anda karena proses pengiriman.
-Tidak dapat melihat dan mencoba secara barang yang dipesan


-Sering terjadi penipuan barang tidak dikirim setelah dilakukan pembayaran. 
-Fisik dan kualitas barang tidak sesuai dengan yang diharapkan, karena kita hanya dapat melihat melalui foto yang ada di website.
Cara Memulai Bisnis Online Shop

  • Menentukan jenis barang atau jasa yang akan kita jual 
Jangan lupa untuk mempelajari tentang barang / jasa yang akan kita jual. Pelajari benefit dan juga kekurangan jenis barang/jasa yang akan kita pasarkan.
  • Lakukan survey pasar 
Untuk memulai produk fashion diperlukan adanya analisis pasar terlebih dahulu, selera konsumen yang berubah-ubah dan berbeda memang dikatakan hampir tidak bisa kita samakan dengan  selera konsumen yang satu dengan yang lain. Namun strategi yang bisa kita ambil ialah mengintip selera mana yang di dominasi oleh pasar saat ini bisa jadi masukan untuk kita mengetahui apa selera konsumen. Dalam usaha online, survey usaha tidak perlu dilakukan dengan cara membagi – bagikan sample, namun cukup dengan cara mengamati trend kesukaan serta minat masyarakat atas barang / jasa yang akan kita jual. Bila perlu, amati permintaan pasar selama beberapa bulan sebelum kita launching usaha online kita. Pastikan anda bisa melihat trend pasar saat ini, apa saja yag dibutuhkan oleh para konsumen saat ini, model apa saja yang banyak dicari atau sedang booming di pasaran saat ini. Sebaiknya kita harus jeli dan mengikuti trend pasar yang berubah-ubah dietiap harinya.
  •  Pastikan ketersediaan supply barang atau jasa 
Biasanya konsumen merasa puas dengan ketersedian barang yang selalu ada. Pastikan anda bisa menjadi  salah satu situs online shop terlengkap untuk memenuhi keutuhan para konsumen. Ini sangat penting untuk diperhatikan. Bila kita memproduksi sendiri, kita harus bisa menghitung berapa kapasitas produksi kita dalam suatu waktu terntu. Bila ternyata kita memperoleh barang dari suplier, kita harus sudah mengetahui betul berapa kemampuan suplai suplier kita tersebut. Jangan sampai terjadi kekosongan stok dalam waktu yang lama.
  • Buat konsep usaha 
Dengan membuat sebuah konsep usaha sebelum kita memulai usaha online, akan membuat langkah kita tidak banyak melenceng dari konsep awal. Kita harus sudah memiliki konsep tentang layout toko online kita, cara pemesanan, metode pembayaran, dll.
  • Daya Beli Konsumen
Perhatikan juga daya beli konsumen, jangan menjual produk  terlalu mahal, kondisikan kemampuan ekonomi masyarakat kita saat ini. Kebayakan konsumen menginginkan kualitas yang bagus dengan harga yang murah, paling tidak kita bisa mengikuti daya beli konsumen terhadap produk yang nantinya akan kita jual.
  • Aktif melakukan promosi 
Karena kita berkecimpung dalam usaha online, maka langkah promosi yang harus kita lakukan juga dilakukan di dunia maya. Lakukan promosi di situs jual beli terpercaya, rajin mengupdate isi facebook, twitter, dll adalah langkah-langkah yang bisa kita lakukan dalam mempromosikan usaha online kita.
  • Membuat sebuah blog atau website
Blog atau website digunakan sebagai media dalam menjual, memasang, mempromosikan, memasarkan atau mencari peluang pangsa pasar produk maupun jasa dalam menjalin jaringan dibisnis online.

Cara pemesanan dalam online shop
  • Setelah kita mengupload/mengunggah foto-foto barangn dagangan  ke dalam group atau fanpage para konsumen bisa memesan dengan cara memberikan koment di dalam foto tersebut 
  • Memilih warna dan ukuran barang yang akan di beli 
  • Setelah kedua belah pihak setuju biasanya kita sebagi reseller memberikan no rekening kita, untuk mentransfer sejumlah uang yang telah didisepakati tadi 
  • Konsumen memberikan bukti transfer dengan cara memfoto bukti transfer tersebut 
  • Konsumen memberikan alamat yang jelas 
  • Kita langsung mengirimkan barang yang dipilih konsumen tadi

Cara Memastikan sebuah online shop
       
Saat ini pun masih banyak beredar penipuan berkedok online shop alias online shop fiktif. Gambar, harga miring, diskon besar besaran, komentar komentar positif yang tertera pada toko online tersebut, belum bisa di jadikan jaminan yang cukup untuk kita mempercayainya. Apalagi bagi kita yang masih ragu dengan belanja online (online shop) ini.

Berikut tips tips cara memastikan keaslian sebuah online shop :
  • Tanyakan kepada si admin, dimana alamat toko tersebut. Jika diberikan alamat yang jelas coba lacak menggunakan Google map, apakah alamat tersebut fiktif atau tidak.
  • Tanyakan apabila toko tersebut lokasinya dekat, bisahkah COD (cash on delivery). Bila si pemilik toko enggan melakukan transaksi COD, lebih baik tidak perlu ada transaksi. 
  • Bila lokasi jauh bisakah transaksi menggunakan rekening bersama. Jika pemilik toko enggan menggunakan rekening bersama, dipastikan mereka takut. Karena bila menggunakan rekening bersama otomatis keamanan uang Anda terjamin. 
  • Coba cari nomer telepon yang tertera di toko tersebut di Google. Biasanya dengan begitu Anda bisa menemukan banyak komentar-komentar dari para pembeli yang sudah ditipu. 

PENUTUP
Kesimpulan

          Dengan semakin majunya teknologi pada zaman sekarang maka peluang yang dihasilkan untuk berbisnis pun semakin banyak salah satunya yaitu berbisnis online shop, cukup dengan modal yang tidak terlalu besar dan dengan kemampuan untuk berbisnis seperti mengetahui keinginan konsumen dengan cara survey pasar maka kita dapat menjalani bisnis online shop ini. Bisnis online shop memiliki banyak kelebihan seperti mudah dijalankan kapan dan dimana pun kita berada karena bisnis ini hanya menggunakan alat bantu komunikasi seperti smartphone atau website sebagai tempat barang kita di tawarkan dan juga akses internet, selain mudah bisnis inipun menawarkan omset yang lumayan besar jika tekun dalam bisnis ini. Karena di zaman sekarang ini semua serba canggih jadi berbelanja pun dapat dilakukan dengan mudah tanpa harus jalan langsung ke tempat penjualannya, selain itu dalam bisnis ini juga diperlukan kehati hatian dalam membeli secara online karena maraknya penipuan, sehingga pastikan keaslian online shop yang akan anda beli.

DAFTAR PUSTAKA

https://febbysylvia.wordpress.com/2013/12/16/184/

http://kurniaputri1821.wordpress.com/2013/10/18/online-shop-ruang-lingkup-bisnis-2/

http://kucrut16.blogspot.com/2012/11/makalah-bisnis-online.html

http://www.carabisnisonline1.org/belajarbisnisonline

http://nagrog-online.blogspot.com/2014/03/kelebihan-dan-keuntungan-bisnis-online.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar