Jumat, 02 Januari 2015

Tulisan 5, Softskill Pengantar Bisnis



MAIMUNAH

26214334

1EB31

Ekonomi Kreatif Pelepah Pisang

PENDAHULUAN
Latar Belakang

   Globalisasi memberikan dampak terhadap perkembangan kehidupan di dunia. Dampak yang ditimbulkan dapat berbentuk positif maupun negatif, salah satu dampak positifnya adalah makin meningkatnya kreatifitas manusia dalam berkarya seni dan berkreasi sesuai dengan minat dan bakat mereka masing-masing. Seperti memanfaatkan barang–barang yang nilainya kurang berguna menjadi karya unik yang memiliki nilai ekonomis dan lebih berharga.
Pisang merupakan tanaman asli yang berasal dari Indonesia yang mudah cara penanamannya dan banyak sekali manfaatnya, mulai dari buahnya bisa dimakan bahkan kulit pisang, bonggol, batang, jantungnya pun dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia. Seperti daunnya yang sering dipakai untuk membungkus nasi penjual makanan yang ada di desa. Pelepah pisang yang kaya akan serat, bertekstur dan kuat dapat dimanfaatkan sebagai karya yang unik dan bonggol pisang dapat diolah menjadi bahan pangan keripik yang kaya protein.
Sedangkan dampak negatif yang ditimbulkan adalah banyak tanaman pisang yang menjadi limbah yang merugikan lingkungan sekitar karena mudah cara penanamannya. Tanaman pisang tersebar luas di seluruh wilayah Indonesia, iklim yang tropis dan banyak mengandung humus memungkinkan banyak wilayah menghasilkan tanaman pisang.
Selama ini pohon pisang hanya diambil buahnya dan bagian lain menjadi limbah yang mencemari lingkungan, batang yang ditebang biasanya langsung dibuang menjadi sampah yang akan berdampak buruk pada lingkungan. Dampak negatif dari globalisasi sangat merugikan makhluk hidup dan lingkungan sekitar seperti eksploitasi kayu dan hutan secara besar-besaran. Oleh karena itu dampak tersebut sebaiknya diimbangi dengan dampak positif agar globalisasi memberikan manfaat bagi kelangsungan hidup manusia. Mengurangi penggunaan kertas yang terlalu berlebihan dan memakai kertas daur ulang dari pelepah pisang atau memanfaatkan pelepah pisang sebagai bahan dasar pembuatan berbagai karya yang unik atau biasa disebut ekonomi kreatif, seperti membuat lukisan dari pelepah pisang, tempat pensil unik dan barang unik lainnya.
ISI

            Usaha kreatif adalah usaha yang berdasarkan inovasi dan kreatifitas dari seseorang yang memiliki keahlian di bidang tertentu, dengan keahlian yang dimilikinya tersebut ia mampu menciptakan sebuah produk atau kreasi baru dari produk yang telah ada sebelumnya sehingga menjadi lebih bernilai, baik bernilai secara artistic maupun value yang dinominalkan.
            Tingginya kepedulian masyarakat terhadap isu global warming, secara tidak langsung mempengaruhi minat konsumen untuk mulai beralih ke produk-produk yang tentunya ramah lingkungan. Kondisi inilah yang dimanfaatkan para pengrajin untuk saling berlomba menciptakan aneka macam kerajinan daur ulang untuk menarik minat para konsumennya. Salah satu peluang bisnis yang saat ini ramai dijalankan warga yaitu mengangkat limbah pelepah pisang yang dulunya tidak berguna menjadi karya seni unik dan memiliki nilai ekonomi cukup tinggi. Dengan bermodalkan kreativitas yang tinggi untuk selalu berinovasi, limbah pelepah pisang yang dulunya terbuang kini bisa diubah menjadi peluang bisnis baru yang menghasilkan untung besar bagi setiap pelakunya. Bahkan tidak sedikit jumlah pengrajin souvenir cantik pelepah pisang yang kini telah berhasil mengantarkan produknya menembus pasar dunia serta menciptakan lapangan kerja baru untuk mengurangi angka pengangguran di negara kita. Hal ini tentunya menjadi bukti kuat bagi kita bahwa pada dasarnya memulai suatu usaha bisa dilakukan dengan berbagai cara, termasuk juga dengan mengolah limbah pelepah pisang menjadi produk baru yang membawa berkah bagi para pengrajinnya.

Konsumen

Pesona unik dan kesan menarik yang di hasilkan dari serat pelepah pisang ternyata tidak hanya merebut perhatian konsumen di pasar lokal dan nasional. Namun produk kerajinan pelepah pisang ini juga berhasil masuk pasar internasional dan memikat konsumen luar negri seperti di singapura, prancis, serta italia.

Info Bisnis

            Berbekal limbah pelepah pisang yang ada, Anda bisa menciptakan berbagai macam produk kerajinan yang unik. Misalnya saja kap lampu, kotak tisue, tas pesta, sandal, tempat pensil, boneka lucu, aneka pigura foto yang unik, sampai di kreasikan menjadi karya lukisan kaligrafi. Dari semua jenis pohon pisang yang ada di indonesia, pelepah pisang yang paling indah seratnya dan memiliki tekstur kuat adalah pelepah pohon pisang kepok,pisang raja dan pisang ambon.

Ekonomi Kreatif dengan berbahan dasar pelepah pisang diantaranya dapat dibuat beberapa karya sebagai berikut:

Lukisan Menarik Dari Pelepah Pisang
Benda seni yang bisa dibuat dari pelepah pisang adalah lukisan. Tidak begitu sulit dalam pembuatannya karena kita hanya menempelkan pelepah pisang pada pola yang telah kita buat sebelumnya. Berikut bahan-bahan dan juga alat untuk membuat lukisan dari pelepah pisang:
·         Pelepah pisang yang telah dikeringkan
Jenis pisang bebas, pelepah pisang yang baik adalah yang sudah kering dipohon, kondisi pelepah pisang benar-benar kering (tidak basah atau lembab), pelepah tidak perlu dijemur di sinar matahari (cukup diangin-anginkan saja). Tidak perlu menggunakan bahan pengawet atau ditambah pewarna buatan, karena akan menghilangkan kesan alami lukisan. Corak warna pelepah pisang yang akan digunakan disesuaikan dengan kebutuhan pelukis, sesuai dengan gaya dan tema lukisan. Lukisan yang sudah jadi tidak perlu di vernis (bahan pengkilap lukisan). Supaya lebih indah bisa dipakai pigura dan kaca. Agar lukisan awet dan tahan lama, hindari lukisan dari basah/lembab.
·         Papan atau tripleks
Biasanya digunakan untuk dasar lukisan. Selain triplek dapat juga digunakan bahan-bahan lain, seperti karton tebal dan kayu
·         Lem
Tidak ada jenis lem khusus untuk lukisan ini. Lem yang biasa digunakan contohnya ; lem kertas biasa (yang berbahan dasar tepung singkong/kanji/aci, Lem merek FOX yang biasa dijual dipasaran. Lem FOX lebih sering penulis gunakan, karena daya rekatnya yang cukup kuat, walaupun harganya agak sedikit lebih mahal.
·         Pensil, gunting dan juga penggaris

Cara Penempelan Pelepah Pisang 
  • Bersihkan pelepah pisang yang telah kering dan kemudian direndam di dalam kamper yang telah dicairkan dengan menggunakan minyak tanah kurang lebih selama 1 hingga 3 jam. 
  • Keringkan pelepah pisang dan siap digunakan 
  • Ambil pelepah pisang dan tempelkan pada tripleks sebagai backround. Jika pelepah yang digunakan gelap maka gambarnya harus terang dan jika backround terang maka gambar harus terang. 
  • Pada backround, gambar pola lukisan sesuai keinginan Anda. 
  • Setelah selesai, potong pelepah pisang dengan mengikuti pola lukisan. Kemudian tempelkan satu per satu. Agar hasil tempelan merata dan kuat, biasanya setelah pelepah pisang ditempel, lukisan diberi pemberat diatasnya hingga lem kering (seperti dengan kaca tebal, kayu pemberat, buku yang tebal, dll), tujuannya agar lem menempel merata disetiap bagian pelepah pisang yang ditempel. 
  • Setelah selesai, jemur di bawah terik matahari 
  • Kembangkan jiwa kreatif Anda untuk memperoleh sebuah lukisan yang unik dan agak sulit untuk ditiru orang, sehingga nilai jualnya juga lebih besar

Membuat Tempat Pensil Dari Pelepah Pisang 
Alat dah Bahan
·         Pelepah Pisang
·         Kertas karton (dibuat pola membentuk tabung)
·         Biji-bijian kering sebagai penghias
·         Pensil, gunting dan lem dengan daya lekat tinggi

Cara Membuat

1.      Siapkan pelepah pisang yang sudah kering (untuk pengeringan bisa juga dengan cara diangin-anginkan ), kemudian tempel pada kertas karton yang sudah di bentuk menjadi tabung.
2.      Proses pengeleman bisa anda lakukan dengan lem yang cukup kuat,misalnya lem fox
3.      Selanjutnya diamkan beberapa menit agar lem menempel cukup kuat
4.      Bila sudah kering anda dapat menghias tempat pensil tersebut dengan biji-bijian kering atau menggunakan hiasan dari tempurung kelapa untuk menambah kesan etnik dan menarik pada produk kerajinan yang anda buat.
5.      Lumuri tempat pensil dengan cairan melamin agar warnanya lebih mengkilat, lalu keringkan. Produk siap di kemas dan di pasarkan 

Kelebihan Bisnis

            Meskipun peluang usaha ini di jalankan dengan memanfaatkan limbah yang tidak bernilai, namun keuntungan yang di janjikan bagi para pelakunya tidaklah kecil. Bahkan sebagian dari pelaku usaha bisa mengantongi untung hingga 50% dari omset yang mereka dapatkan, mengingat keberadaan limbah pelepah pisang sangat mudah di temukan di berbagai daerah, dan harga jualnya pun masih sangat rendah. Jadi, tidak menutup kemungkinan bila dengan modal kecilpun anda bisa mendapatkan keuntungan yang berlimpah.
            Selain besarnya keuntungan yang di janjikan, menjalankan bisnis kreasi unik kerajinan pisang ternyata tidaklah susah. Anda bisa memulainya dengan belajar secara otodidak karena pada dasarnya bahan, peralatan serta proses pengerjaannya sangat mudah untuk dipelajari. Anda bisa mencari informasi tentang kreasi daur ulang pelepah pisang melalui buku, internet, atau mengikuti pelatihan bisnis kerajinan yang di selenggarakan pihak pemerintah maupun swasta. Selebihnya anda bisa berkreasi dan berinovasi dan menciptakan produk-produk baru yang tentunya lebih unik dan tidak kalah menarik dengan produk lain yang ada di pasaran.

Kekurangan Bisnis 

            Beberapa kendala bisnis yang sering dihadapi oleh para pengrajin pelepah pisang yaitu tingkat persaingan pasar di bidang industri yang semakin hari kian melesat hebat. Bahkan persaingan pun tidak hanya datang dari pengrajin produk sejenis, namun juga dari produk kerajinan lain yang saling berlomba merebut perhatian pelanggan. Kendala berikutnya yang sering di hadapi para pengrajin yaitu lamanya proses pengeringan pelepah pisang yang masih tergantung dengan cuaca di sekitar lokasi usaha. Kebanyakan para pengrajin memanfaatkan bantuan sinar mata hari untuk proses pengeringan bahan baku, hal ini dipilih para pengrajin karena biayanya yang sangat murah, kualitas warna yang di hasilkan akan sangat beda di bandingkan dengan pengeringan buatan/ dipanaskan dengan alat.

Strategi Pemasaran

            Untuk memasarkan produk kerajinan pelepah pisang, anda bisa memulainya dengan menitipkan hasil produksi ke galeri-galeri kerajinan maupun toko pernak-pernik yang ada di sekitar lokasi usaha anda. Selain menjalankan strategi pemasaran tersebut, anda juga bisa mempromosikan produk melalui kegiatan pameran maupun UKM bazar yang diselenggarakan pihak pemerintah atau swasta. Dengan rutin mengikuti kegiatan pameran dan bazar  produk kerajinan, maka peluang anda untuk mendapatkan pangsa pasar  baru semakin terbuka lebar dan produk andapun semakin di kenal banyak orang.
            Beriklan di media massa seperti di surat kabar, majalah-majalah, radio dan televisi lokal, serta memanfaatkan media internet menjadi strategi promosi yang cukup efektif untuk menjangkau konsumen yang lebih luas. Dengan bantuan internet yang tanpa batas, bahkan anda bisa memasarkan produk anda hingga  plosok daerah. Sehingga tidak menutup kemungkinan anda bisa merekrut agen-agen pemasaran di berbagai daerah untuk memperlancar distribusi produk kerajinan pelepah pisang. Semakin luas pemasaran anda jangkau, semakin besar pula peluang anda untuk mendapatkan banyak untuk besar setiap bulannya.

Aspek produksi

Dalam memenuhi permintaan konsumen pasar kerajinan dari bahan dasar pelepah pisang diperlukan produksi yang berkelanjutan untuk menjaga efisiensi produk yang dihasilkan dan untuk meningkatkan kualitas produksi untuk kemajuan dan keberhasilan produksi tentu dibutuhkan ketepatan waktu produksi dalam memenuhi permintaan pasar.

Analisa Ekonomi(Asumsi)

Modal awal
·         Pelepah pisang (Rp 1.500x1.000 lbr)           Rp  1.500.000
·         Kertas karton (Rp 2.500x1.000 lbr)            Rp  2.500.000
·         Lem perekat dan hiasan                               Rp     500.000
·         Gunting, cutter, penggaris, pensil,dll              Rp     150.000               +
      Total                                                               Rp  4.650.000

Biaya operasional per bulan
·         Bahan baku per bulan                                Rp 6.000.000
·         Kemasan plastik                                       Rp     900.000
·         Biaya gaji karyawan                                  Rp     750.000
·         Biaya listrik dan telepon                             Rp     200.000
·         Biaya transportasi                                      Rp     300.000
·         Biaya promosi, pameran, dll                       Rp  2.000.000             +
           Total                                                        Rp 10.150.000

Omset per bulan
·         Penjualan per bulan :
·         Kap lampu@Rp 50.000x50 pcs                Rp  2.500.000
·         Aneka tas@Rp 40.000x100 pcs               Rp  4.000.000
·         Sandal@Rp 20.000x100 pcs                    Rp  2.000.000
·         Tempat pensil@Rp 15.000x75 pcs           Rp  1.125.000
·         Boneka lucu@Rp 25.000x75 pcs             Rp  1.875.000
·         Pigura foto@Rp 15.000x50 pcs               Rp        75.000                  +
       Total omset                                                 Rp 12.250.000

Laba bersih per bulan
Rp 12.250.000-Rp 10.150.000                  =          Rp  2.100.000

ROI (Return of Investment)
Modal awal : laba bersih per bulan                        =          ±2,2 bulan

PENUTUP

Kesimpulan

            Dampak global warming yang menguntungkan yaitu salah satunya meningkatkan kreatifitas manusia dalam berkarya dengan banyaknya bantuan tekhnologi yang mendukung, seperti mengolah pelepah pisang sebagai karya unik, selain itu juga dapat membantu menjaga lingkungan. Pelepah pisang yang biasanya dianggap barang yang tidak dibutuhkan lagi ternyata menyimpan peluang bisnis yang dapat menguntungkan, dengan bahan baku yang sederhana dan mudah di dapat disekeliling kita kita dapat mengolahnya menjadi barang yang bernilai jual seperti untuk membuat lukisan, tempat pensil yang tentunya dengan kreatifitas yang tinggi. Pengolahan barang unik ini bisa disebut sebagai salah satu ekonomi kreatif karena kita dapat mengekspresikan sebuah karya dari kreatifitas kita sendiri sehingga memiliki nilai jual. Ekonomi kreatif pelepah pisang ini dapat menjadi pluang yang menguntungkan bagi orang yang mau mulai berbisnis dengan modal kecil dan mudah. Semua orang yang sungguh-sungguh pasti bisa memulai bisnis ini dan dengan memperhatikan berbagai aspek pendukung bisnis ekonomi kreatif ini.

DAFTAR PUSTAKA


http://pondokibu.com/kerajinan-tangan-dari-daun-pelepah-pisang-kering.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar