Senin, 05 Januari 2015

Tulisan 8, Softskill Pengantar Bisnis



MAIMUNAH

26214334

1EB31

Peluang Usaha Bagi Mahasiswa (Pelajar)


PENDAHULUAN

Latar Belakang

Fenomena pengangguran yang terjadi di Negara kita merupakan masalah utama yang dihadapi oleh pemerintah. Terhitung banyak jumlah pengangguran yang terus meningkat tiap harinya. Kondisi tersebut disebabkan karena sedikitnya lapangan pekerjaan yang ada saat ini. Tingginya tingkat pengangguran menecrminkan bahwa suatu bangsa belum mencapai kesejahteraannya. Lalu bagaimana untuk mengatasi masalah tersebut?
Kegiatan kewirausahaan menjadi penopang untuk mengurangi tingkat pengangguran yang terjadi. Namun sangat disayangkan, kewirausahaan di Indonesia sangat tertinggal dengan Negara-negara lain. Mengapa demikian? Karena dunia kewirausahaan di Indonesia lebih mengandalkan otot daripada otak. Kerja keras dibandingkan dengan kerja cerdas.
Dewasa ini kerap kali kita lihat bahwa setiap orang lebih cenderung untuk mencari pekerjaan daripada menciptakan lapangan pekerjaan. Sebagai contoh, fakta yang terjadi banyak sekali lulusan sarjana yang mengikuti tes masuk pegawai negeri sipil. Mereka masih menganggap bahwa menjadi seorang pegawai merupakan langkah utama yang paling tepat untuk mencapai kesejahteraan hidupnya. Membludaknya mahasiswa yang mengikuti tes tersebut bukan merupakan suatu keberhasilan, melainkan masih rendahnya minat mahasiswa untuk berwirausaha. Itulah sebabnya mengapa kegiatan kewirausahaan di Negara kita dikatakan tertinggal dengan Negara lain. Oleh karena itu, perlu adanya pembenahan pola pikir. Baik dikalangan pemerintah maupun masyarakat. Untuk itu, masyarakat khususnya kalangan mahasiswa yang memiliki bekal ilmu dan kreatifitas yang diperoleh di dunia pekuliahaan sebaiknya memiliki mental berwirausaha dibanding menggantungkan hidup dengan mencari pekerjaan bersama dengan pengangguran lain yang mencari pekerjaan pula.
Memiliki usaha yang dapat dirintis sejak usia muda dapat menjadi hal yang menguntungkan di masa depan.  Di masa ini, banyak mahasiswa yang telah sukses merintis usaha sejak duduk di bangku kuliah. Dengan usia yang muda dan kuantitas waktu luang yang tersedia sebagai mahasiswa, memulai suatu usaha dengan serius dan tanggung jawab tentunya akan bisa menjadi peluang usaha yang potensial untuk mendapat penghasilan tambahan guna membayar uang kuliah dan memenuhi kebutuhan lainnya. Menjadi pelajar bukan berarti harus stuck belajar, ngerjain pekerjaan rumah, atau mendengarkan guru di sekolah. Jika kamu adalah pelajar yang kreatif dan sedikit peka dengan kebutuhan teman-teman sekitar, kamu bisa mencoba untuk usaha kecil-kecilan. Pelajar bisa dibilang memiliki waktu yang banyak, apalagi usaha bisa dilakukan di sekolah. Bagaimana kamu mengatur waktu yang ada sebaik mungkin. Sehingga walaupun kita masih mahasiswa ternyata memiliki banayk peluang usaha di sekeliling kita.

ISI

            Dengan membuka usaha sejak dini, kita akan terbiasa dengan proses berdagang yang akan melatih kita ketika dewasa untuk memilih menjadi entrepreneur daripada seorang karyawan. berbisnis ketika masih sekolah pun sebaiknya jangan dianggap terlalu serius karena kita masih memiliki tanggung jawab belajar. Ditambah kita masih tinggal dengan orang tua yang masih menghidupi kebutuhan sehari-hari. Jadi, anggap bisnis sebagai langkah belajar dalam mencari pengalaman bisnis. Atau mungkin kamu memiliki barang imipan yang ternyata tak bisa dikasih orang tua? Bisnis menjadi ladang uang tambahan. Peluang usaha bagi pelajar memang masih sedikit karena kita masih berkutit dengan tugas sekolah yang menyebabkan kamu tak bisa fokus sepenuhnya, plus pengalaman nol. Namun tidak ada salahnya memulai bisnis selagi ada waktu dan keadaan yang mendukung seperti saat menjadi mahasiswa.

MENUMBUHKAN JIWA ENTREPRENEUR MAHASISWA

Kesuksesan merupakan impian setiap orang dalam hidupnya, tapi apakah kita sudah berusaha dengan sungguh-sungguh untuk mencapai kesuksesan tersebut? Kesuksesan tidak akan pernah datang dengan sendirinya kepada kita dan untuk menjadi seorang yang sukses itu tidak mudah.  Jadi, kita lah yang harus bertindak dan berusaha semaksimal mungkin sesuai dengan kemampuan yang kita miliki untuk mencapai kesuksesan tersebut. 
Setelah  tamat dari perguruan tinggi, setiap mahasiswa pastilah ingin mendapatkan pekerjaan sesuai dengan bidang masing-masing. Sebagaimana kita ketahui bahwa lowongan pekerjaan jumlahnya tidak sebanding dengan pelamar. Sehingga terdapat banyak pengangguran di negara kita. Jadi apa yang akan dilakukan apabila lamaran tersebut tidak berhasil? Apakah hanya mencari lowongan pekerjaan lain yang seleksinya juga sangat ketat? Kembali ke pola pikir awal, mengapa kita meminta pekerjaan dari orang lain sedangkan kita sendiri bisa menciptakan lapangan kerja bagi diri sendiri dan orang banyak.
Tetapi sebagian besar mahasiswa cenderung memiliki minat yang relatif rendah terhadap kewirausahaan. Padahal mereka mempunyai hard skill dan soft skill untuk berwirausaha. Hard skill dan soft skill tersebut bisa disinergikan dengan cara membentuk mahasiswa-mahasiswa yang berjiwa wirausaha (entrepreneurship). Memupukan jiwa wirausaha ini merupakan langkah efektif yang harus dilakukan oleh universitas-universitas yang ada di Indonesia untuk menyinergikan hard skill dan soft skill sehingga nantinya mahasiswa tidak ada yang bingung setelah lulus dari universitas.
Hal ini juga harus didukung oleh civitas akademika suatu perguruan tinggi, dengan mengadakan atau menyelenggarakan kegiatan yang menyangkut kewirausahaan, contohnya adanya mata kuliah dan praktek kewirausahaan di setiap jurusan serta program kewirausahaan dari masing-masing universitas dan Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) yang rutin diadakan oleh Departemen Pendidikan Nasional yang lebih ditingkatkan. Dengan adanya program-progran yang mengarah pada peningkatan jiwa kewirausahaan ini, maka mahasiswa akan terbiasa dalam menghadapi proses pencapaian, inisiatif, kepemimpinan, kepercayaan diri, fleksibilitas, dan pembangunan team work dan ini akan menumbuhkan dengan sendirinya kompetensi soft skill dalam individu.
Sedangkan dalam proses pengembangan kompetensi  hard skill, dikampus mahaiswa harus  diberikan mata kuliah kewirausahaan dalam bentuk teori dan praktek lapangan karena  kita sebagi mahasiswa seringkali hanya mendapatkan teori yang begitu banyak tetapi praktek atau pengaplikasian lapangan yang tidak pernah kita lakukan, padahal dengan pengaplikasian lapangan ini justru akan menambah motivasi bagi para mahasiswa dalam membangun jiwa entrepreneur.
Selain itu, untuk menumbuhkan motivasi berwirausaha dibutuhkan informasi mengenai keuntngan dalam berwirausaha, agar para pencari kerja khususnya mahasiswa dapat mengubah pola pikirnya untuk membuka lapangan kerja.
Beberapa keuntungan yang dapat memotivasi untuk memulai kegiatan bisnis:

  1. Memiliki kebebasan untuk mencapai tujuan yang diimpikan.

Kebebasan untuk mencapai tujuan yang diinginkan, dapat didapatkan saat kita memilih untuk berwirausaha. Kebebasan untuk menentukan tujuan bisnis, kebebasan untuk mengatur rencana jenis bisnis, kebebasan untuk mengatur jadwal operasional usah, termasuk kebebasan untuk menentukan besar laba yang ingin diperoleh.
  1. Laba yang bisa melebihi gaji pegawai
Jika para pegawai menuntut untuk kenaikan gaji, tidak seperti halnya dengan seorang pengusaha. Wirausahawan bisa menentukan sendiri berapa keuntungan yang ingin mereka peroleh. Dengan wirausaha bukan hanya laba materi yang diperoleh, tapi juga memperoleh pengakuan atas keberhasilan usaha yang dijalankan.
  1. Kepuasan akan potensi dirinya
Kebanyakan para pegawai meras bosan atau jenuh dengan pekerjaan yang sama setip harinya. Tapi bagaimana dengan pengusaha? Seorang pengusaha jarang merasa bosan atau jenuh terhadap pekerjaannya. Karena sebuah usaha selalu memberikan tantangan yang dapat mengembangkan potensi yang ada pada diri seseorang. Kreatifitas, semangat kerja, dan impian yang akan dituju selalu memberikan sensasi menyenangkan dalam menjalankan usaha.
  1. Terbuka peluang-peluang baru
Dengan membuka suatu usaha, banyak peluang-peluang baru bagi para pengusaha. Misalnya saja peluang menjalin kerja sama dengan perusahaan-perusahaan besar, peluang mengembangkan usaha dengan membuka cabang di berbagai kota, serta peluang untuk mencoba usaha baru yang masih berhubungan dengan induk usaha Anda.
  1. Menciptakan lapangan kerja yang bermanfaat
Kelebihan berwirausaha juga bermanfaat bagi masyarakat, karena secara otomatis Anda membantu para pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan. Hal itu juga dapat memberikan keuntungan sosial bagi Anda, karena masyarakat yang telah Anda bantu akan menghargai keberadaan peran Anda sebagai seorang pengusaha, bukan sebagai seorang mahasiswa biasa yang sering dipandang sebelah mata.
Selain universitas, pihak yang paling berperan dalam menumbuhkan jiwa entrepreneur mahasiswa adalah mahasiswa itu sendiri. Apa yang harua dilakukan? Pertama, Mahasiswa harus bisa mensugesti diri sendiri dengan berkata bahwa “aku bisa!” sugesti ini akan memberikan energi positif dalam pribadi dan membuat pikiran menjadi positif, serta berani menghadapi tantangan. Kedua, mahasiswa harus bisa berkumpul dengan pengusaha untuk mengetahui seperti apa dunia kewirausahaan itu. Sehingga argumen-argumen yang diasumsikan sebelumnya dapat terkoreksi dengan baik. Ketiga, menghilangkan rasa takut untuk berwirausaha.

Usaha dan Bisnis yang Cocok untuk Mahasiswa

·         Penjual Pulsa
Perkembangan teknologi yang semakin cepat mengantarkan hampir seluruh pelajar memiliki handphone. Kamu bisa membuka usaha ini diawali dengan teman sekelas dan teman satu organisasi. Bahkan, jika promosinya cukup gencar konsumen bisa merambah hingga ke kelas lain bahkan guru. Memang, yang memiliki usaha seperti ini memang banyak. namun, lakukan promosi yang berbeda. Kamu bisa kok mematok harga yang lebih murah dibandingkan pesaing. Meskipun keuntungan sedikit, jika yang membeli banyak tentu keuntungan yang didapat lebih besar ketimbang harga yang mahal dan sepi pembeli. Apalagi pelajar biasanya mencari harga yang lebih murah.
·         Les Privat
Siapa yang bilang bahwa untuk mengajar harus memiliki ijazah universitas? Jika kamu merasa bahwa memiliki kemampuan di bidang akademik dan komunikasi, ada baiknya menjadi guru privat. Usaha jasa ini bisa kamu mulai dengan amati di lingkungan sekolah atau rumah. Temui tetangga kamu yang memiliki anak seusia SD untuk bisa mengajar anaknya. Minta rekomendasi dari orang tua kamu khususnya ibu biasanya ampuh untuk menarik konsumen.
·         Menulis
Untuk yang satu ini, memang tak semua memiliki keahlian menulis. Menulis menjadi salah satu contoh usaha yang tidak perlu dianggap serius. Namun, jika kamu memiliki bakat menulis cobalah untuk mengirimkan naskah fiksi atau nonfiksi ke majalah atau surat kabar. Memang untuk yang satu ini biasanya memiliki proses yang panjang. Tetapi, setelah tulisanmu masuk, jumlah imbalannya cukup banyak dan namamu akan “mejeng” di media massa. Keren, bukan?
·         Usaha Kreatif
Contoh usaha kecil yang bisa kamu lakukan adalah membuat aksesori berupa pin, gantungan kunci, atau stiker. Meskipun terbilang keuntungannya tak besar, nyatanya pelajar banyak yang suka barang-barang seperti itu. Kreatif menjadi modal utama jika kamu ingin memiliki usaha seperti ini. Awali dengan banyak bertanya kepada teman-teman apa yang mereka butuhkan dan jangan lupa untuk amati apa saja yang sedang in. Jiwa muda biasanya lebih mudah ikut perkembangan zaman hanya karena sebuah gengsi. Maka dari itu, kamu harus up to date apa saja yang sedang digemari oleh anak muda.
·         Menekuni Bisnis Online
Kabar baik untuk Indonesia, dengan jumlah penduduk yang cukup ramai dan dengan kebutuhan pasar yang beraneka ragam. Bisnis Online sudah mulai berkembang pesat di Indonesia, sehingga untuk sobat-sobat yang beruntung tinggal di Kota besar seperti Jakarta, Bandung dan lain sebagainya sangat disayangkan tidak memanfaatkan momen menekuni bisnis online, misalnya jualan baju, jualan alat elektronik dan lain sebagainya lewat blog atau toko online. Anda hanya cukup untuk mencari supplier yang menawarkan harga miring, dan tinggal jual saja dengan harga rata-rata eceran yang beredar. Kerjanya juga tidak terlalu ekstrim, karena bisa dijadikan sambilan. Jika aktif di social media dan memiliki kontak yang cukup banyak di BBM, tunggu apa lagi? Go Now.
·         Jasa Pengetikan dan Cetak Tugas
kamu bisa menawarkan jasa pengetikan skrispsi atau makalah kepada teman-teman kamu. Karena hanya dengan modal sebuah laptop dan printer tidak ada lagi namanya uang keluar untuk mengerjakan tugas, biasanya tertutupi oleh rekan-rekan yang minta diketikan tugasnya, atau lewat jasa ngeprint tugas mereka sehingga selain dapat stok tinta dan kertas, hasil lebihnya cukup untuk bisa membeli beberapa keperluan yang kita butuhkan. Ayo Mahasiswa, masa mau diem terus.
·         Menjadi Guide Wisatawan Asing
Untuk point ini ditujukan bagi mahasiswa Bahasa Inggris atau yang memiliki kemampuan bahasa Inggris, satu lagi jika daerah tempat anda kuliah adalah kunjungan wisata yang ramai oleh bule, tunggu apalagi bergabunglah menjadi guide wisata yang bisa bekerjasama dengan hotel-hotel terdekat, lumayan penghasilan yang anda dapatkan. Selain itu anda akan mendapatkan sahabat baru dari mancanegara. Jika gagal kerjasama dengan hotel, buat saja komunitas guide yang berkokasi dekat dengan hotel pavorit kunjungan para bule.
·         Menjadi Penyiar Radio
Jika anda memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan menarik, tidak ada salahnya melamar menjadi penyiar radio sebagai profesi, Siap siap juga bersahabat dengan pendengar setia anda. Selain bekerja secara tidak sadar anda telah membangun personal branding untuk menjadi orang yang cukup dikenal.
·         Menjadi Motivator dan Trainer
Untuk anda yang suka memberikan motivasi dari pengalaman anda atau dari buku yang anda baca, silahkan dicoba jika anda mampu menjadi motivator. Jika tidak, anda bisa menjadi trainer untuk bidang yang anda rasa anda sudah cukup mapan pada bidang tersebut, misalnya dengan membuka pelatihan menulis buku, pelatihan desain grafis, pelatihan blogger, atau pelatihan komputer untuk guru SD. Tinggal seberapa kreatif anda mengemas pelatihan tersebut.

STRATEGI BISNIS BAGI MAHASISWA

Melakukan bisnis bukan berarti kita melupakan kegiatan utama kita, menuntut ilmu. Ada beberapa tips agar usaha yang kita jalankan berjalan lancar dan penuh dengan kemajuan, yaitu:
·         Atur Waktu Secara Bijak
Seimbangkanlah dengan membagi waktu. Fokus berarti mengerjakan sesuatu dengan baik dan profesional, setelah selesai lakukan dengan baik dan profesional juga aktivitas lainnya. Aturlah waktu belajar, organisasi, dan bekerja.
·         Buat Skala Prioritas
Orang sukses lebih sering menggunakan prioritas yang penting dan mendesak, sehingga tugas atau target dapat tercapai lebih cepat dan dengan waktu yang tidak terlalu mendesak. Buatlah kegiatan apa saja yang tergolong penting mendesak, penting dan kurang mendesak.
·         Belajar lebih Tekun, bekerja Lebih baik
Tekadkanlah untuk belajar dan bekerja keras dan lebih cerdas. Sehingga suatu saat hasil yang didapatkan lebih besar daripada energi yang dikeluarkan.
·         Jalin Relasi dan Tumbuhkan Kepercayaan
Dengan memiliki banyak relasi dapat mempermudah memajukan usaha. Kita bisa saling berbagi pengalaman dan dapat saling membantu dalam hal memajukan usaha yang dibangun.
·         Usaha dan Doa
Manusia hanyalah perencana, namun Tuhanlah pemilik nasib kita. Doa tanpa usaha itu bohong, sedangkan usaha tanpa doa itu sombong. Keseimbangan doa dan usaha menuntun ke jalan kesuksesan.

KIAT MENJADI USAHAWAN YANG SUKSES

·         Kenali impian
Orang tang sekedar bermimpi tidak akan pernah bisa mendapatkan impiannya. Untuk mendapatkan impian tersebut kita harus beusaha mengenali impian kita. Sebagai contoh, semua kemudahan dari fasilitas yang kita gunakan saat ini dulunya hanyalah sebuah impian dari orang-orang yang telah menemukan dan menciptakannya. Orang-orang ini berusaha untuk mengenali mimpi mereka dan percaya bahwa mimpi-mimpi mereka bisa diwujudkan. Jadi intinya, jangan pernah pesimis sebelum berusaha. Walaupun ide yang kita ingin wujudkan dianggap aneh oleh orang lain, kita harus tetap optimis kalau kita bias. Hidup mengejar impian dan menjadi ornag seperti apa yang kita inginkan sendiri, jauh lebih baik, mulia, dan bahagia daripada menjadi orang yang menjalani kehidupan seperti yang orang lain harapkan dan tentukan.
·         Ambil langkah pertama
Seperti yang disebutkan di atas, orang yang sekedar bermimpi tidak akan pernh mendapatkan impiannya. Jadi, wujudkan mimpi dengan tindakan. Langkah pertama yamg paling tepat adalah mengumpulkan berbagai informasi yang cukup untuk membuka jalan keaarah impian kita. Namun ingat, melihat beberapa kasus yang terjadi akibat kesalahan informasi, kita harus lebih berhati-hati. Jangan mudah tergoda pada hal-hal yang kelihatannya serba mudah dan instan.
·         Bersedia belajar
Pendidikan yang diperoleh selam kuliah tidaklah cukup. Selain berpendidikan, kita juga harus memiliki keterampilan. Banyak fakta yang menyebutkan bahwa di dunia ini orang justru menjadi sukses bukan karena pendidikan tetapi karena keterampilannya. Oleh karena itu, jangan sungkan atau malu untuk beljar keterampilan-keterampilan baru yang akan semakin mendekatkan dengan impian. Jangan jadikan uang sebagai tujuan utama, karena ketika kita semakin layak menjadi sukses, uang akan mengalir dan mengikuti dengan sendirinya.
·         Ciptakan sebuah sistem
Agar mudah mengevaluasi perkembangan bisnis yang dijalankan, maka perlu adanya sebuah sistem. Jadi kita harus bisa menciptakan sebuah sistem tersebut, yaitu Standard Operating System (SOP). SOP itu sendiri adalah suatu set instruksi yang memiliki kekuatan sebagai suatu petunjuk atau direktif. Hal ini mencakup hal-hal dari operasi yang memiliki suatu prosedur pasti atau terstandarisasi, tanpa kehilangan keefektifannya. Setiap sistem manajemen yang baik selalu didasari oleh SOP.
·         Kembangkan jaringan
Kesuksesan tidak akan didapat tanpa ada bantuan dari pihak lain. Jadi, kembangkan jaringan seluas-luasnya. Saat ini, siapa yang paling luas dan berkualitas jaringan yang dimilikinya, maka akan semakin sukses. Membangun jaringan yang hanya tidak sekedar luas tetapi berkualitas merupakan suatu hal yang paling dibanggakan dan diandalkan oleh entrepreneur manapun.
·         Pengorbanan
Pengorbanan yang dimaksud disisni adalah investasi. Dimana saat berinvestasi kita rela berkorban untuk tidak membelanjakan uang yang kita miliki saat ini demi harapan akan perkembangan hasilnya di masa depan. Demikian juga dalam investasi waktu dan energi.
·         Konsisten
Ada saat dalam menjalankan bisnis seakan-akan mendadak menjadi buntu. Cahaya gairah yang tadinya terang-benderang tiba-tiba meredup. Baik karena suatu alasan atau bahkan tidak diketahui alasannya kenapa. Banyak calon-calon bintang berguguran pada fase ini, ketika komitmen mereka diuji, ketika daya tahan fisik dan mentalnya diuji, mereka kalah. Sehingga mereka tidak layak melihat impian mereka menjadi nyata. Yang paling menyedihkan kebanyakan mundur justru ketika impian telah tinggal sejangkauan lagi. “Saat paling gelap di malam hari adalah saat menjelang fajar”, demikian sebuah ungkapan bijak. Jika langkah anda mulai tersandung, ingatlah kembali impian anda.
·         Impian menjadi nyata
Kini semua perjuangan yang dilakukan untuk meraih impian telah tercapai. Jika ada tetes air mata dan luka di masa lalu, kini menjadi kenangan dan kisah yang manis dan menjadi motivator bagi generasi bintang berikutnya. Betapa bahagianya menjadi orang seperti yang kita inginkan. Betapa bahagianya dapat menjalani kehidupan sesusai dengan pilihan sendiri. Betapa bahagianya mengetahui bahwa kebahagiaan ini buah dari perjuangan sendiri. Dan yang paling membahagiakan adalah sekarang kita dapat membagi kebahagiaan ini kepada keluarga, orang-orang yang kita cintai, sahabat dan lingkungan kita. Dan sekarang kita juga sadar bahwa ketika kita bermimpi meraih bintang, dan kita benar-benar telah berjuang untuk mewujudkannya, walau mungkin nanti bintang itu tidak teraih, tapi kita tidak akan sekedar mendapatkan lumpur.

Tips Mengatur Waktu Bagi Mahasiswa yang Berwirausaha

·         Bagi waktu sebaiknya-baiknya. Bagi waktu kamu antara kuliah, bisnis, dan bersosialisasi. Mulai hari-harimu dengan selalu mengatur perencanaan kamu hari ini, dan pastikan kamu disiplin dalam menjalankannya.
·         Kerjakan tugas kuliah kamu segera. Bila kamu mendapatkan tugas kuliah, segera kerjakan agar cepat selesai.
·         Belajar tetapkan prioritas kamu. Kamu juga akan dihadapkan dengan berbagai pilihan-pilihan. Di sinilah kamu belajar untuk mengatur prioritas kamu. Apa yang terpenting dan terbaik, itulah yang harus kamu prioritaskan.
·         Soal memilih usaha, jika kamu khawatir tidak punya banyak waktu untuk usaha kamu, kamu bisa pilih usaha yang tidak terlalu menyita banyak waktu. Cukup 1-3 jam sehari misalnya. Kalau di bisnis online misalnya bisa menjadi affiliate/reseler. Intinya yang cukup tidak banyak memakan waktu. Banyak bisnis online yang menawarkan afiliasi, salah satunya seperti produk jam slapia.
·         Saat libur kuliah adalah saat yang pas untuk membuat proyek wirausaha kamu terwujud. Jika kamu punya ide bisnis, saat liburan kuliah adalah waktu yang tepat.
·         Kalau kamu memilih bisnis yang banyak memakan waktu, kamu mungkin perlu kurangi waktu istirahat kamu dan kurangi juga jam nonton televisi.
·         Kalau kamu berbisnis online, saat kamu sedang di kampus, kamu bisa manfaatkan jam istirahat kuliah untuk mengecek bisnis online kamu. Dari laptop, netbook, atau warnet, kamu bisa pastikan bisnis tetap berjalan dengan baik selama kamu tinggal kuliah.

PENUTUP
Kesimpulan

Kesadaran dari dalam diri mahasiswa merupakan faktor terpenting untuk menumbuhkan minat mahasiswa untuk berwirausaha. Karena walaupun sebagai mahasiswa banyak sekali peluang usaha yang dapat dijalankan. Jadi ketika keinginan untuk berbisnis pada saat menjadi mahasiswa perlu dijalankan dengan banyak memperhatikan strategi dan juga cara mengatur waktu yang tepat, karena kita masih memiliki tanggung jawab sebagai mahasiswa, sehingga tidak boleh melupakan belajar akibat dari bisnis yang kita jalankan. Karena untuk menjadi orang yang sukses kita harus seimbang dalam hal apapun juga tak kalah penting untuk selalu memotivasi diri kita sendiri agar apa yang kita impikan tercapai.

DAFTAR PUSTAKA




Tidak ada komentar:

Posting Komentar