Sabtu, 03 Januari 2015

Tulisan 6, Softskill Pengantar Bisnis



MAIMUNAH

26214334

1EB31

Bisnis Usaha Catering Sehat

PENDAHULUAN

Latar Belakang

            Perkembangan zaman dan teknologi semakin merubah gaya hidup dan kebiasaan manusia. Perkembangan gaya hidup tersebut bukan hanya melanda pada budaya dan cara berinteraksi namun juga melanda pada hal-hal yang sudah menjadi kebutuhan sehari-hari seperti contohnya makanan. Banyak para pelaku dan manusia yang hidup di zaman modern ini lupa pada pola makan yang sehat dan benar, mereka sering abai atas makanan yang menyehatkan karena berbagai alasan salah satunya adalah alasan kesibukan, akhirnya makanan cepat saji yang sangat tidak sehat pun menjadi pilihan.

Perubahan pola makan yang tidak seimbang ini menyebabkan manusia menjadi mudah dan rentan yang terserang penyakit, sehingga akhirnya banyak manusia yang kemudian menyadari kesibukan bukanlah alasan untuk memilih memakan makanan yang tidak sehat seperti makanan cepat saji. Dengan begitu maka masyarakat memerlukan berbagai jenis makanan sehat sehingga membuka peluang bagi para pebisnis untuk memulai bisnis usaha catering sehat. Guna membuka bisnis dengan memikirkan kesehatan masyarakat.

ISI

            Peluang usaha catering dirasa cukup menjanjikan mengingat kebutuhan akan makanan juga tinggi. Apabila Anda serius menggeluti usaha ini, Anda dapat memilih jasa catering makanan untuk pekerja kantor, untuk siswa di sekolah-sekolah, atau untuk acara pesta, bahkan untuk makanan sehat khusus diet. Tentu saja kebutuhan pelanggan tersebut berbeda-beda. Namun, sebaiknya Anda memilih segmen dimana Anda menguasainya.
 
Apabila Anda mumpuni di bidang gizi dan nutrisi, tentu lebih baik jika Anda menyasar pelanggan catering khusus untuk makanan sehat khusus diet. Hal ini karena Anda dapat menyalurkan keahlian Anda tidak hanya dibidang gizi tetapi juga di bidang kuliner. Selain itu, Anda dapat menjual produk makanan catering dengan harga premium karena produk tersebut memiliki nilai lebih. Tidak hanya menjual makanan enak, tetapi juga sehat. Sehingga, keunggulan ini membuat produk catering Anda memiliki added value atau nilai tambah di mata konsumen.

Usaha catering sehat merupakan catering yang berbeda dengan usaha catering lainnya. Perbedaannya adalah dari bahan baku yang digunakan, karena catering sehat menggunakan bahan baku organik yang memiliki kandungan gizi yang lebih baik dibandingkan bahan baku yang biasa. Misalnya. mengganti penggunaan minyak goreng kelapa sawit dengan minyak zaitun, menggunakan gula dan garam rendah kalori serta menggunakan daging rendah lemak.

  • Persiapan Usaha dan Target Pasar
Untuk membuka catering sehat hal yang perlu diperhatikan adalah konsep utama yaitu menentukan tipe-tipe menu sehat dan konsumen yang akan dituju. Selain itu, harus berkonsultasi dengan dokter, dan merekrut tenaga ahli khusus di bidang gizi yang membantu memberikan konsultasi yang akurat mengenai menu yang akan disajikan kepada konsumen sesuai dengan apa yang mereka inginkan.
Tak hanya itu, mengetahui supplier yang menyediakan bahan baku berkualitas prima yang dipergunakan untuk membuat menu-menu sehat. Selanjutnya mempersiapkan manajemen seperti manajemen produksi, alat dan bahan yang akan digunakan, dan biaya yang dibutuhkan. Untuk modal usaha ada beberapa cara yang dapat digunakan dalam meminimalisir modal, yaitu dengan menggunakan properti yang sudah dimiliki sebelum membuka usaha misalnya peralatan dapur, kendaraan dan lokasi produksi.
Target pasar yang akan dituju konsumen yang mengkonsumsi catering sehat dan diet kebanyakan kaum menengah atas yang telah mengerti benar tentang pola hidup sehat atau pun orang yang memiliki pandangan jauh ke depan yang cenderung perfeksionis.

  • Kiat-Kiat Pengelolaan Usaha Katering
Apa yang menjadi kunci sukses bisnis katering ini? Punya Visi Sederhana sebenarnya. Setiap orang yang ingin menjadi pengusaha apa pun jenisnya, perlu memiliki visi. Tidak usah muluk-muluk. Tapi mutlak ada. Ingatlah, bisnis itu mirip dengan bayi. Sekali saja ia dilahirkan maka tanggung jawab kitalah untuk mendidik dan membesarkannya hingga dewasa. Tidak bisa asal saja. Dan kalau sudah tidak suka dan banyak problem lalu main ditinggal saja. Bayi perlu persiapan yang banyak. Harus ada cinta dan kasih misalnya. Bisnis juga demikian. Itu sebabnya bisnis yang langgeng seringkali datang dari hobi kita sehari-hari. Karena hobi, dan sesuatu yang kita sukai, semangat dan minat kita akan selalu besar. Ini faktor yang penting sekali.
  • Pemasaran
Untuk promosi kita dapat melakukannya dengan cara menyebarkan brosur atau secara online, selain itu dengan memberikan sampel kepada calon konsumen potensial sambil meminta kritik dan saran sebagai upaya perbaikan mutu dari produk yang dijual. Untuk catering sehat, cara yang lebih cocok adalah dengan menjalin kerjasama dengan rumah sakit atau dokter-dokter yang memiliki pasien yang memerlukan pengaturan pola makan. Selain itu untuk memperluas  jangkauan marketing manfaatkan media internet. Buatlah website yang minimalis dan menarik agar orang penasaran dan berusaha mencari tahu mengenai usaha katering anda. Penggunaan website sebagai sarana pemasaran juga termasuk dalam efisiensi anggaran bisnis.
  • Mutu Produk dan Pelayanan
Untuk catering khusus kesehatan dan diet, selain menyajikan menu yang sehat dan bernutrisi, perlu menyajikan makanan bercita rasa lezat yang menggugah selera. Hal ini dilakukan agar konsumen tidak merasa sedang melakukan diet khusus. Tambahan fasilitas yang diberikan juga dapat menjadi daya tarik khusus bagi calon konsumen, seperti konsultasi gratis pada ahli gizi untuk konsumen catering diet.
  • Kendala dan Cara Mengatasi
Kendala yang sering dihadapi para pengusaha catering ialah saat pendistribusian pemesanan, keterlambatan saat makanan diantar adalah hal yang harus dihindari sedini mungkin. Oleh karena itu, siapkan karyawan yang memiliki pengetahuan yang prima tentang rute dan kondisi jalan yang akan ditempuh, usahakan makanan yang telah diproduksi jangan terlalu lama disimpan di tempat produksi, setelah dikemas dengan rapi segera  mungkin antarkan pada konsumen yang bersangkutan.
  • Biaya Operasional Katering
Biaya yang perlu anda keluarkan mulai dari modal hingga operasional rutin merupakan bagian yang perlu menjadi perhatian tersendiri. Modal usaha yang anda keluarkan bisa menjadi acuan seberapa anda mampu memenuhi target pesanan. Peralatan masak yang menjadi kebutuhan vital dalam operasional katering harus memperhatikan faktor kualitas dan masa pemakaian. Anda bisa saja membeli peralatan yang murah tetapi hal itu akan membuat biaya menjadi makin besar karena keawetan peralatan itu umurnya pendek. Oleh karena itu berfikirlah jauh kedepan bahwa anda membeli semua peralatan tersebut bisa digunakan secara aman dan umurnya awet.
Perhitungan mengenai pembiayaan dalam memenuhi segala kebutuhan memasak, transportasi, dan peralatan penyajian tergantung dari masing-masing daerah. Satu daerah dengan daerah lain tidak sama harga barang yang akan dibeli dan juga tergantung dari kebutuhan yang akan anda penuhi. Jadi standarisasi kebutuhan katering tergantung dari harga daerah setempat dan keperluan.
  • Keuntungan  Usaha Catering Sehat
Menurut data yang diliput oleh info kuliner bahwa keuntungan yang diperoleh pada usaha catering sehat mencapai 50% dari omset. Dikarenakan masih sedikit pelaku usaha yang mengembangkan usaha catering sehat.

PENUTUP

Kesimpulan

            Bisnis usaha catering sehat merupakan bisnis yang sangat prospektif pada zaman modern sekarang ini, karena tidak di pungkiri banyak masyarakat yang ingin selalu sehat ditengah kesibukannya, sehingga dengan bisnis ini masyarakat dapat tetap menikmati makanan enak yang bergizi dan sehat, selain itu bisnis ini juga dapat memberikan keuntungan yang lumayan besar, tergantung bagaimana kita pintar menjaga bisnis ini agar tetap bertahan ke depannya, yaitu dengan cara memahami apa saja yang harus diperhatikan dalam bisnis ini seperti memiliki menu sehat yang bervariasi agar pelanggan tidak bosan, pengelolaan yang baik dan benar dan usaha lainnya seperti promosi juga harus tetap diperhatikan untuk tetap memikat konsumen agar tertarik memesan catering tersebut.

DAFTAR PUSTAKA

http://makalah-artikel-online.blogspot.com/2009/02/contoh-perencanaan-bisnis-katering.html


http://www.duniapelajar.com/2014/05/14/cara-mengambangkan-usaha-catering/

http://www.inginbisnis.com/peluangbisnis/peluang-usaha-jasa-katering

Tidak ada komentar:

Posting Komentar