Sabtu, 03 Januari 2015

Tulisan 7, Softskill Pengantar Bisnis



MAIMUNAH

26214334

1EB31

Bisnis Prospektif dari Mainan Anak-anak

PENDAHULUAN

Latar Belakang

            Dunia anak merupakan dunia bermain, mereka akan terus bermain tanpa mengenal lelah setiap harinya. Karena bermain merupakan manifestasi dari rasa keingintahuan yang tinggi dalam diri mereka. Bisnis mainan akan terus berjalan dan digemari oleh konsumennya, karena angka kelahiran di negara kita sangat tinggi. Berarti setiap tahunnya jumlah anak-anak bertambah lebih banyak. Bermain merupakan salah satu kebutuhan dari setiap anak. Dengan bermain, ada banyak hal yang dipelajari oleh anak-anak. Kasih sayang orang tua kepada anaknya juga terwujud dari pemberian mainan kepada anak-anak. Sehingga tidak hanya pengajaran yang diberikan orang tua tetapi anak juga harus diberi kesempatan bermain agar dapat mengekspresikan sesuatu sesuai kemauannya yang tentunya juga baik bagi perkembangannya. Oleh sebab itu, bisnis mainan anak merupakan salah satu peluang yang dapat Anda ambil mengingat prospektifnya bisnis mainan anak ini.
ISI

Mainan merupakan hal yang menarik bagi dunia anak-anak. Aspek kognitif dan kreativitas pola berpikir anak-anak dapat dirangsang dengan memberikan mainan anak yang tepat di masa pertumbuhannya. Hal ini terjadi karena perkembangan psikomotorik anak dapat dirangsang oleh berbagai macam permainan. Dengan mainan, anak-anak dapat menggunakannya sebagai sarana komunikasi guna mengksplorasi dirinya.

Mengingat mainan anak sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan pola berpikir, menjalankan bisnis usaha ini dapat menjadi salah satu pilihan yang menguntungkan. Kunci dalam menjalankan bisnis usaha mainan anak-anak adalah tekun dan menawarkan harga yang terjangkau bagi masyarakat.
Peluang usaha kecil dengan hasil besar ini konon bisa menghasilkan keuntungan lebih dari 50%. Banyaknya pilihan dan kreatifitas memunculkan produk baru menjadi kunci keberhasilan produk ini.
Seorang penjual mainan anak tentu harus bisa mengikuti perkembangan teknologi atau model mainan yang populer, bila tidak maka usahanya akan sepi dengan pengunjung. Umumnya anak-anak akan memburu mainan yang sedang tren pada masanya. Contohnya mainan tamiya begitu marak diperjualbelikan di era 90an, penyebabnya yaitu film anime yang bercerita tentang balapan tamiya. Seolah-olah anak-anak terbius oleh film tersebut dan memburu mobil tamiya yang dijual yang mirip dengan yang di televisi. Itu sebagai contoh bagaimana pentingnya mengikuti tren dari sebuah bisnis mainan di tanah air.

5 tips memulai bisnis mainan

Berbicara tentang mainan anak memang tidak ada habinsya. Meski mereka sudah memiliki puluhan mainan namun tetap saja keinginan untuk memiliki mainan lain tidak bisa dibendung. Oleh karena itu, bisnis mainan merupakan bisnis yang mempunyai masa depan yang cerah. Ditambah lagi jumlah anak-anak di Indonesia diperkirakan akan terus bertambah. Berikut tips memulai bisnis mainan.
 
1. Stok mainan yang bervariatif

Lengkapi toko Anda dengan koleksi mainan yang lengkap. Semakin lengkap mainan yang tersedia maka akan semakin banyak pula pelanggan yang datang. Bekerja-samalah dengan distributor yang menawarkan harga rendah namun berkualitas. Koleksi mainan yang lucu dan unik. Mulai dari maianan anak perempuan maupun laki-laki dan mainan khusus bayi.
Alangkah lebih baik jika menyediakan mainan tradisional Indonesia. Hal ini untuk memperkenalkan pada anak-anak zaman sekarang tentang mainan dari warisan nenek moyang kita. Anda bisa menyetor mainan dari penjual mainan tradisional yang masih ada. Hitung-hitung Anda juga membantu mereka agar mata pencahariannya tidak hilang, sekaligus melestarikan budaya tradisional kita. Mungkin anak-anak zaman sekarang tidak tahu namun melalui orang tua, mereka bisa tahu. Atau bahkan orang zaman dulu yang teringat masa kecilnya ketika melihat mainan tradisional bisa bercerita dan memperkenalkannya.

2. Mainan yang mendidik dan menarik

Mainan yang edukatif bisa menjadi ajang bermain sambil belajar untuk anak-anak. Jadi waktu main mereka tidak terbuang begitu saja. Bermain namun juga bermanfaaat. Zaman sekarang banyak mainan yang dibuat untuk sarana belajar yang dikemas secara menarik. Mainan juga bisa merangsang otak untuk berfikir logika dan kreatifitas. Mainan semacam ini laris di pasaran terutama untuk sekolah-sekolah sebagai sarana pembelajaran. Jadi tidak hanya menjual mainan anak-anak yang biasa saja.

Berbobot, berkualitas dan bermanfaat seperti itulah gambarannya. Sediakan yang seperti itu sebaiknya periksa terlebih dahulu mainan tersebut. Apakah bermanfaat atau hanya biasa saja. Satu hal yang perlu diketahui cari mainan yang tidak mengandung bahan berbahaya yang dapat mengancam kesehatan manusia. Mungkin dampaknya tidak akan terlihat pada awalnya. Namun akan menimbulkan efek di kemudian hari. Memang sulit untuk menentukannya atau membedakan, sebaiknya Anda banyak membaca mengenai hal ini.

Hati-hati dengan produk luar negeri seperti buatan China karena produk ini banyak mengandung bahan berbahaya. Meskipun harganya murah dan terjangkau tetap harus waspada. Lebih baik mencari para pengusaha lokal mainan anak-anak yang tentunya aman dan edukatif. Selain itu para pengusaha lokal juga mendapat tempat untuk pemasaran secara luas. Utamakan produk dalam negeri daripada luar negeri. Agar mainan Indonesia tidak lagi dibanjiri oleh produk luar negeri. Anak-anak memiliki imajinasi yang tinggi dengan bermain, otak mereka akan terasah dengan baik. Tidak ada yang sebaik imajinasi anak-anak. Memang seperti itulah dunia anak-anak, hanya bermain dan bermain.   

3. Ikuti perkembangan mainan anak-anak

Penting sekali mengikuti trend mainan anak-anak. Terus perbarui dalam menyediakan mainan. Biasanya jika sedang musim salah satu mainan, banyak pembeli yang mencarinya. Namanya juga anak-anak rasa ingin memiliki mainan yang sama sudah wajar. Jika ada produk baru yang diluncurkan segera pilih untuk menjadi koleksi toko Anda. namun tetap harus memperhatikan bahwa mainan itu mendidik dan menyenangkan. Tren mainan selalu berubah seiring perkembangan zaman dan kemajuan teknologi. 
Cari terus informasi mengenai mainan yang sedang trend agar mainan yang tersedia tidak ketinggalan zaman. Tidak sulit untuk mencari informasi tersebut, biasanya pembeli atau penjual asongan akan mencarinya. Dengan begitu para pembeli adalah sarana informasi yang tepat. Terkadang  trend mainan tercipta karena lingkungan misalnya saat ini sedang maraknya kartun A, kartun B dan lainnya maka banyak permintaan untuk menyediakan mainan dengan nuansa yang ada pada kartun tersebut atau nuansa dengan tokoh kartun tersebut. 

4. Tempat usaha yang nyaman dan luas

Tempat yang luas sangat penting untuk menata mainan. Mengingat pembeli Anda anak-anak yang sulit untuk diam, mereka akan berlari-lari atau bermain di dalam ruangan. Dengan ruangan yang luas bisa menghindari risiko kecelakaan baik itu untuk karyawan maupun para pembeli. Ruangan yang luas juga mempermudah pembeli untuk melihat dan memilih mainan. Jika tempat yang sediakan terlalu sempit akan mempersulit para pembeli untuk memilih dan pastinya tidak leluasa dalam memilih karena harus berdesakan dengan pembeli lain.

Tempat yang sejuk juga menjadi kenyamanan pembeli, jika ruangan dengan AC terlalu mahal bisa menggunakan kipas angin yang diletakkan di setiap sudutnya. Agar pembeli tidak merasa gerah dan betah di dalam ruangan. Sediakan tempat duduk yang nyaman untuk sekedar menunggu atau duduk saja. Jangan lupa untuk menyediakan area pakir yang luas. Agar laju kendaraan yang masuk dan keluar bisa berjalan secara leluasa. Kenyaman adalah hal yang pertama bagi pelanggan. Pemilihan interior yang unik dan nyaman juga menjadi daya tarik pembeli. Pilihlah desain dengan nuansa anak-anak yang penuh dengan warna cerah dan lucu. Hindarkan barang yang berbahaya yang bisa menyakiti anak-anak seperti benda tumpul maupun benda berat yang berbahaya. 

5. Pilih lokasi toko yang strategis dan ramai

Pemilihan lokasi toko yang strategis juga penting. Terkadang ada daerah yang dikenal karena banyak toko menjual mainan anak-anak, Anda bisa mendirikan toko dalam kawasan tersebut. Mungkin banyak yang berpikir terlalu banyak saingan namun ada keuntungan lainnya yaitu kepopuleran daerah tersebut sudah melekat pada masyarakat. Pilihan tempat lain yaitu berada dalam kawasan sekolah TK dan SD. Keuntungannya banyak anak-anak yang berlalu lalang melewati toko Anda. Pastinya mereka juga melihat bahwa toko tersebut menjual mainan. Tempat ramai juga bisa didapatkan di pusat perbelanjaan yang selalu ramai dikunjungi para pembeli yang berniat untuk berbelanja atau hanya sekedar jalan-jalan saja.
Sebaiknya jangan memilih tempat yang letaknya dekat langsung dengan perempatan jalan besar dan lalu lintas yang padat. Karena hal ini akan menyulitkan pembeli untuk melintasi dan berkunjung ke toko Anda. Cari tempat yang lokasinya mudah dicapai dan tidak rawan dengan kecelakaan. Keuntungan mendapat lokasi yang ramai adalah banyak orang yang melihatnya ketika melintasi jalan tersebut.  

Peluang usaha toko mainan anak edukatif

Selagi anak bermain, anak pun dapat belajar beraktivitas. Peran orang tua dalam mendidik anak dapat dilakukan dengan memberikan mainan edukatif. Mainan edukatif dapat meningkatkan kecerdasan dan stimulus kerja otak. Mainan edukatif sendiri beragam macamnya, misalnya mainan berbentuk huruf, angka, warna-warni mainan, puzzle bergambar, permainan berhitung, dan lain-lain. Bagi pelaku usaha ketertarikan orang tua untuk memberikan mainan yang mendidik anak ini dapat dijadikan salah satu peluang usaha.

Tips memilih mainan anak edukatif yang akan dijual:


  • Ketika anda ingin membuka usaha mainan anak edukatif pastikan keamanan alat-alat permainan anak tersebut terjamin baik dari bahan dan juga cara kerjanya, karena ini penting buat orang tua yang akan membelikan mainan anak
  • Sediakan mainan anak yang berwarna kontras dan cerah, karena orang tua yang cerdas akan memilih warna cerah/kontras untuk mainan anak karena bisa merangsang indera penglihatan anak-anak mereka.

  • Mainan anak untuk anak usia enam bulan ke atas lebih menyukai yang bisa mengeluarkan bunyi seperti misalnya bel/lonceng mini, dll.

  • Anda tidak perlu menyediakan mainan anak-anak yang mahal-mahal, justru akan menjadi nilai tambah jika anda bisa menjual mainan anak yang bertujuan untuk merangsang kreativitas anak-anak.

Hambatan Usaha

  • Adanya pelaku usaha yang menjalankan bisnis usaha sama.
  • Berkurangnya daya beli masyarakat karena krisis ekonomi, sehingga alokasi belanja untuk mainan anak-anak berkurang.

Strategi Usaha

  • Melakukan promosi baik secara online maupun offline. Secara online, dapat menggunakan website dan jejaring sosial media untuk berpromosi. Secara offline, dapat menggunakan brosur maupun informasi melalui mulut ke mulut.
  • Memberikan pelayanan yang ramah dan baik kepada seluruh konsumen.

Simulasi Usaha

Modal Awal

Peralatan


Etalase
Rp
2.000.000,00
Rak lemari
Rp
2.500.000,00
Stok mainan anak-anak
Rp
6.000.000,00
Jumlah
Rp
10.500.000,00

Peralatan mengalami penyusutan selama 4 tahun dan memiliki nilai residu sebesar Rp 1.000,00 dengan menggunakan metode penyusutan garis lurus. Biaya penyusutan per tahun = (Rp10.500.000,00 - Rp1.000,00) / 4 = Rp2.624.750,00 per tahun atau sama dengan Rp218.729,00 per bulan.

Perlengkapan

Plastik pembungkus, dan lain-lain
Rp
300.000,00
Jumlah
Rp
300.000,00

Perhitungan Laba/(Rugi) per bulan

Pendapatan : Rp175.000,00 x 30 hari
Rp
5.250.000,00

Biaya-biaya

Sewa tempat
Rp
500.000,00
Listrik dan telepon
Rp
300.000,00
Upah karyawan
Rp
700.000,00
Harga pokok barang dagangan
Rp
1.000.000,00
Transportasi
Rp
300.000,00
Biaya perlengkapan
Rp
300.000,00
Biaya penyusutan peralatan
Rp
218.729,00
Jumlah biaya
Rp
3.318.729,00
Laba bersih
Rp
1.931.271,00

Kelebihan Bisnis Mainan Anak

Memulai bisnis mainan anak merupakan salah satu langkah yang tepat. Mengapa? Hal ini disebabkan karena bisnis mainan anak memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan bisnis lainnya. Salah satu kelebihan dari bisnis mainan anak adalah jenis produk yang tidak mudah rusak dan tidak akan kadaluwarsa. Mainan merupakan produk yang awet dan dapat bertahan lama. Jadi kemungkinan kerugian karena mainan rusak tidak akan terjadi di bisnis ini.
Kelebihan lain dari bisnis mainan anak adalah margin laba yang sangat besar. Menjual mainan anak dapat memberikan laba lebih dari 20%. Anda bahkan dapat memperoleh margin laba hingga 50% untuk produk mainan anak tertentu. Mainan merupakan salah satu kebutuhan setiap anak. Ini merupakan kelebihan lain yang dimiliki oleh bisnis mainan anak. Begitu besarnya permintaan akan mainan anak membuat bisnis ini tidak ada habisnya.


PENUTUP

Kesimpulan

            Bisnis mainan anak-anak merupakan bisnis yang sangat prospektif dan tidak akan pernah habis masanya, itu dikarenakan pertumbuhan kelahiran anak yang semakin besar setiap tahunnya di dunia ini. Mainan merupakan hal yang sangat diperlukan anak- anak selain untuk bermain juga untuk merangsang aspek kognitif dan kreativitas pola berpikir yang ada pada diri anak-anak, yang tentunya diberikan pada masa pertumbuhannya, selain itu untuk perkembangan psikomotorik anak dapat dirangsang oleh berbagai macam permainan. Sehingga bisnis mainan anak ini merupakan bisnis yang banyak dicari oleh konsumen. Bisnis mainan anak ini merupakan bisnis yang mudah dijalankan dan sangat memberikan keuntungan, oleh sebab itu dalam menjalankan bisnis ini hanya perlu memahami kunci suksesnya saja, salah satunya yaitu selalu menyediakan produk mainan anak sesuai tren yang sedang popular pada masanya.


DAFTAR PUSTAKA





Tidak ada komentar:

Posting Komentar